Powered by Blogger.

Search This Blog

Friday, September 19, 2014

Komunikasi Efektif





Salah satu Nilai Kementerian Keuangan adalah “Pelayanan” yang mempunyai arti berupaya untuk memberikan pelayanan yang memenuhi kepuasan pemangku kepentingan yang dilakukan dengan sepenuh hati, transparan, cepat dan aman.

Dalam memberikan sebuah Pelayanan kepada Wajib Pajak, petugas pajak diharuskan mempunyai bentuk pelayanan yang baik, salah satunya adalah dengan berkomunikasi secara efektif. Dengan berbagai macam latar belakang Wajib Pajak, komunikasi yang efektif sangat diperlukan agar Wajib Pajak dapat memahami dan mengerti pesan yang kita sampaikan. Seperti sosialisasi  berbagai peraturan terbaru, pelayanan di TPT, pemeriksaan maupun kegiatan lain di bidang perpajakan.


KPP Pratama Bojonegoro sebagai salah satu institusi pemerintah yang memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya Wajib Pajak, selalu memberikan dorongan kepada seluruh Pegawai KPP Pratama Bojonegoro untuk mengasah kemampuan berkomukasi salah satunya dengan mengadakan acara “Morning Activity” setiap hari Rabu pagi.

Dalam acara tersebut melatih para pegawai untuk berkomunikasi menjelaskan pesan yang ingin disampaikan, dengan cara setiap pegawai diberi kesempatan untuk tampil kedepan memberikan materi seperti pengalaman pada saat mutasi atau pengalaman pribadi pegawai dalam kehidupan sehari-hari.  

Pada hari Kamis tanggal 11 September 2014 KPP Pratama Bojonegoro menyelenggarakan In House Training (IHT) dengan tema “Melatih Keterampilan Berkomunikasi yang Efektif” sebagai narasumber Ibu Asriana Kibtiyah.

Dalam sambutan sekaligus pembukaan, Bapak Kepala KPP Pratama Bojonegoro Bapak Rachmawan mengingatkan kepada seluruh pegawai untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik dalam melaksanakan tugas kepada setiap Wajib Pajak dan berharap dengan diadakannya beberapa acara yang serupa dapat memperdalam kemampuan para pegawai khususnya kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif.

Acara yang diselenggarakan di Aula KPP Pratama Bojonegoro tersebut diikui oleh seluruh pegawai dan berlangsung selama 2 (dua) jam penuh. Diselingi dengan berbagai game sederhana membuat para pegawai antusias dan semangat mendengarkan materi yang disampaikan. 

Ibu Ana, panggilan Direktur Lembaga ALC Indonesia tersebut dalam memberikan pelatihan menekankan bahwa kita tidak bisa TIDAK melakukan komunikasi bahkan tanpa mengeluarkan suarapun. Dengan pembagian 38% pada nada dan gaya suara, 7% pilihan kata dan faktor terbesar dalam menentukan suatu komikasi afektif adalah gerak tubuh dengan porsi 55%.

Dalam materinya Ibu Ana juga membagi kedalam 3 (tiga) faktor penentu keberhasilan dalam berkomunikasi secara efektif. Yang pertama tahu tujuan yang dicapai, kedua mengembangkan ketajakam indera dan faktor terakhir adalah memiliki perilaku yang fleksibel.

Dengan diselenggarakannya IHT tersebut diharapkan proses komunikasi antara petugas dan wajib pajak dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.


(Khoirul Amanda)

No comments:

Post a Comment

 

Followers

About

About

KPP Pratama Bojonegoro Jl Teuku Umar No 17 Bojonegoro